Minggu, 09 Februari 2014

Bukan oleh kuat bukan oleh gagah, tetapi karena kuat kuasa Tuhan

Renungan 

                                               Oleh :Pdm. Mindo Sianturi, B.Th
Hakim-hakim 7 :1-15
Bukan oleh kuat,bukan oleh gagah  tetapi oleh karena kuasa Tuhan

            Semua keberadaan kita  adalah hanya karena anugerah Tuhan. Jadi anak-anak Tuhan tidak boleh menyombongkan diri atas apa yang telah dimiliki, bukan dengan kuat dan bukan oleh keperkasan, melainkan oleh Roh Allah( Zak : 4 -6 )

            Bangsa Israel mengalami penderitaan yang berat karena mereka melakukan yang jahat di mata Tuhan, sehingga Tuhan menyerahkan mereka ke tangan orang Midian. Dan ketika bangsa Israel berseru kepada Tuhan ,Tuhan  memanggil Gideon menjadi pemimpin orang Israel. Namun Gideon tidak percaya bahwa Tuhan akan menyelamatkan mereka , karena penderitaan yang mereka alami begitu berat. Tetapi ketika Allah berfirman kepada Gideon bahwa Allah akan menyertai Gideon. Tetapi Gideon merasa tidak sanggup karena dia memiliki keterbatasan,selain itu orang Midian adalah suatu bangsa yang besar. Tetapi Allah tetap memilih Gideon dan meyakinkan Gideon bahwa Allah akan tetap menyertai dia dan Gideon bisa memukul kalah orang Midian. Dengan keyakinan itu , Gideon meminta tanda kepada Tuhan sebagai bukti Tuhan menyertai dia ( hakim-hakim 6 ).

            Gideon mengumpulkan semua pasukannya dengan jumlah tiga puluh dua ribu orang. Sementara jumlah orang Midian 135.000 orang. Tetapi Allah mengatakan bahwa pasukan Gideon terlalu banyak dan Allah menyuruh Gideon untuk menyeleksi pasukan tersebut. Gideon menyeleksi pasukannya dengan perkataan “ siapa yang  takut dan gentar maka mereka bisa pulang”.Jumlah pasukan yang  tinggal sebanyak 10.000 orang. Tetapi Tuhan berkata jumlah mereka masih terlalu banyak untuk mengalahkan orang Midian, dan kemudian Gideon melakukan penyeleksian yang kedua kali dengan menyruh para pasukan untuk minum air. Dan mereka yang terpilih adalah mereka yang meminum air dengan membawa tangannya ke mulutnya, jumlah mereka adalah tiga ratus orang. Sedangkan yang terseleksi adalah orang yang menghirup air dengan lidahnya seperti anjing,dan Tuhan tidak berkenan kepada mereka. Akan tetapi, Dengan pasukan yang berjumlah tiga ratus orang tersebut, Gideon dan bangsa Israel bisa mengalahkan bangsa Midian yang jumlahnya 135.000 orang. Banyak yang terpanggil tetapi sedikit yang terpilih ( Matius 22 ;14 )

            Ketika kita percaya kepada Tuhan kita pasti menang.Empat karakter pasukan Gideon yang terpilih :
1. Ketaatan                                                                4. Mau berkorban ( Hak 7 :3)
2.Memiliki kerendahan hati ( Hak 7 ;2)                       5. Hidup tertib  ( Hak 7:5-6)   
3.Memiliki keberanian (Hak 7 : 2)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar