Minggu, 09 Maret 2014

Bayar Harga ( menyangkal diri, memikul salib dan mengikut Yesus setiap hari )

        Oleh :Pdt. Dorlan Tamba
Bayar Harga ( menyangkal diri, memikul salib dan mengikut
Yesus setiap hari )
Lukas 9 : 23
            Seorang murid Kristus harus memiliki jiwa dan mental yang mau bayar harga, yaitu harga yang sangat mahal,bukan harga yang murah. Bayar harga di sini artinya adalah berani dan siap berkorban. Sebagai Seorang Kristen kita harus mampu membayar harga ketika mengikut Yesus. Karena sesungguhnya Yesus telah memberikan harga yang sangat mahal kepada kita, yaitu penebusan di kayu salib. Penebusan di kayu sallib memberikan keselamatan kepada kita yang kita terima dengan Cuma-Cuma. Darah Yesus yang tercurah di kayu salib diberikan dengan Cuma-Cuma kepada setiap orang bukan karena darah Yesus itu murahan, tetapi sebaliknya darah yang sangat mahal. Melihat pengorbanan Yesus di kayu salib untuk menebus dosa manusia dan telah mengaruniakan  keselamatan kepada kita, seharusnya kita juga harus siap berkorban untuk mengikut Yesus. Ada beberapa hal yang dapat kita lakukan agar kita menjadi pribadi yang siap bayar harga :
1.      Menyangkal diri
Kita harus mampu menyangkal diri dari segala keinginan daging .agar kita hidup berkenan di hadapan Tuhan. Menyangkal diri berarti mampu menahan segala keinginan daging untuk hidup menurut jalannya Tuhan ( Galatia 2 : 20). Hidup yang kita hidupi sekarang di dalam daging adalah hidup oleh iman dalam Anak Allah yang telah mengasihi kita dan menyerahkan diri-Nya untuk kita.
2.      Memikul salib
Memikul salib artinya adalah kita sebagai murid Kristus tidak hanya saja percaya kepada Yesus, tetapi juga mau menderita untuk Dia. Seperti yang tertulis dalam Filippi 1 : 21 “ Hidup adalah Kristus dan mati adalah keuntungan). Biarlah Yesus yang semakin besar dan kita semakin kecil. Artinya, Yesuslah yang terutama dalam hidup kita.
3.      Mengikut Yesus Setiap hari
Mengikut Yesus setiap hari dan menjadi pribadi yang setia,dan menjadikan Yesus  menjadi prioritas utama kita.
Semua hal di atas membutuhkan pengorbanan. Mungkin bukan hal yang mudah bagi kita untuk melakukannya, tetapi percayalah bahwa Yesus akan memberikan kemampuan itu kepada kita asal kita mau memberi diri dan siap menjadi pribadi yang senang berkorban untuk Tuhan . Dalam Kis 1: 8 dikatakan bahwa kuasa Roh kudus yang memampukan kita untuk menyangkal diri, memikul salib dan mengikut Yesus. Amin.
Tuhan Yesus Memberkati


Tidak ada komentar:

Posting Komentar